RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD
Negeri 03 Kota Mukomuko
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/2
Materi Pokok :
Gaya
waktu :
2 x 35 menit
Metode :
CTL, Ceramah
A. Standar
Kompetensi
7.
Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda
B. Kompetensi
Dasar
7.2
hasil Menyimpulkan percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah
bentuk suatu benda
C. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Menarik kesimpulan
dari kegiatan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda
- Siswa dapat Memberikan beberapa
contoh gaya yang mempengaruhi betuk benda.
& Karakter siswa yang
diharapkan
Disiplin
( Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi
Essensial
Gaya Mempengaruhi Bentuk
Benda
E. Media
Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
o
Bola,
kelerang, balon, kaleng, gelas atau botol,batu bata, palu berbagai benda yang
bergerak, dinding sekolah
F. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi :
Pernahkah anak-anak
dalam kehidupan sehari-hari melihat benda
s eperti
,bola,kelereng,balon,kaleng,gelas,botol agua,palu,meja,mobil.
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi
yang diharapkan.
o
Memahami kembali peta konsep tentang
gaya.
|
(5 menit)
|
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Siswa dapat Memberikan contoh
gaya yang mempengaruhi bentuk benda;
-
Kaleng di pukul dengan palu
-
Kaleng yang diketuk ke tembok
-
Batu bata yang dibanting
Ø melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
Ø memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
depan kelas
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
Ø memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
Ø memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Ø memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
Ø memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
Ø memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Ø memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
Ø Menjawab Uji Kompetensi
Ø Menjawab Latihan soal
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Ø Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o
Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat
mengubah bentuk benda
|
(5 menit)
|
|
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah
bentuk atau gerak benda.
|
Tugas Individu dan
Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Sebutkanlah contoh dalam
kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah bentuk atau gerak benda.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
|
M.ALPIN.M
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
M.ARIF.D
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
PREDI
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
ILHAM ABADI
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
ANGGA
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
PRISKO
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
JAKA
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
PETRIO
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
RAHMAN
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
ALAQNA
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
SHAZA
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
NINDIA
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
ILNA
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
IFANI
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
MELSI
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
SALWA
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
CIKHA
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
NURUL
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
YULIA
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
OLIVIA
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
PUTRI
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
DIANA
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
PEBRIZA
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
SANIA
|
|
|
|
|
|
|
25.
|
WAHYU
|
|
|
|
|
|
|
26.
|
SALSABILA
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
@
Mengetahui
|
Mukomuko
,21
Maret 2012
|
Ka. SD Negeri 03 Kota Mukomuko
|
Guru Kelas IV
|
|
|
|
|
RASILI
HARDIAANTO,SPd.
|
RASILI
HARDIANTO,S.Pd.
|
NIP 19711201 199311 1002
|
NIP 19711201 199311 1002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar